Tentang FK Unud

TENTANG FK UNUD
            Dalam tatanan organisasi suatu universitas, fakultas merupakan unsur pelaksana akademik. Di Universitas Udayana (Unud) unsur pelaksana akademik untuk pendidikan kedokteran, pendidikan kesehatan masyarakat, pendidikan keperawatan dan pendidikan psikologi adalah Fakultas Kedokteran (FK). Dalam konteks ini peran FK adalah merancang, mengembangkan, melaksanakan dan sekaligus mengevaluasi kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Dalam implementasinya ketiga tugas penting ini sepenuhnya menjadi  tanggung jawab dosen dan mahasiswa (sivitas akademika), bersama-sama pegawai administrasi. Agar tugas tersebut dapat terlaksana dengan baik dibutuhkan acuan atau rambu-rambu yang mudah dipahami.
           Tugas pelayanan kependidikan dapat berlangsung dengan baik apabila ada sinergi ketiga unsur pelaksana akademis dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Hal ini bisa tercapai apabila Fakultas Kedokteran memiliki buku peraturan akademik yang dapat dipakai sebagai acuan tertulis. Buku ini memuat tata organisasi, tugas, dan fungsi unsur-unsur Fakultas serta aturan-aturan lain yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan. Dan setiap unsur pelaksana akademis wajib mengetahui, memahami, serta memakai buku ini sebagai panduan utama dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Dengan ini ada keyakinan bahwa visi, misi dan tujuan fakultas dapat dicapai dengan sebaik-baiknya.
           Dalam kurun waktu sejak diterbitkannya Buku Panduan FK Unud terakhir pada tahun 2006 sampai saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mengalami cukup banyak perubahan terutama dalam bidang pendidikan dan jumlah program studi yang ada di lingkungannya. Perubahan pertama yang cukup mendasar adalah mulai diberlakukannya kurikulum berbasis kompetensi di Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) dengan terintegrasi sebagian sejak tahun 2003 dan terintegrasi penuh pada tahun 2006. Perubahan kedua adalah berdirinya dan bergabungnya program studi baru di lingkungan FK Unud, yaitu Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK), Program Studi Ilmu Kesehatan Masyrakat (PSIKM), dan Program Studi Psikologi (PSPsi). Perubahan ini berdampak luas khususnya di dalam pelaksanaan pendidikan dan ini membutuhkan panduan sebagai landasan untuk melaksanakan misi-visi dan tujuan institusi. Akibat perubahan-perubahan ini maka diperlukan buku peraturan akademik baru yang dapat mengatur dan mengayomi pelaksanaan pendidikan di semua program studi.
           Untuk memenuhi kebutuhan institusi secara umum (FK Unud) dan masing-masing program studi, maka dibuat Buku Peraturan Akademik (sebagai pengganti Buku Panduan FK Unud 2006) yang bersifat umum yang mengatur seluruh program studi, dan Buku Peraturan Akademik yang khusus dari masing-masing program studi. Dan Buku Peraturan Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun 2010 ini merupakan buku panduan umum yang nantinya digunakan sebagai acuan dan landasan bagi seluruh program studi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Image Gallery

Dikelola Oleh

Team IT Fakultas Kedokteran
Copyright (c) 2010
Fakultas Kedokteran

Contact Us

Address:Jl. PB. Sudirman DENPASAR 80232 BALI
Telephone: +62 361 222510
FAX:+62 361 246656

E-mail:
info@fk.unud.ac.id
humasfkunud@yahoo.com