Siapa Bilang Kuliah di FK Unud Mahal?

 Begitu besarnya animo masyarakat terhadap fakultas kedokteran terutama fakultas kedokteran negeri membuat FK Unud selalu menjadi prioritas utama dalam pilihan mencari perguruan tinggi negeri program kedokteran di Daerah Bali. Hal ini disebabkan oleh kepercayaan yang begitu besar yang diberikan oleh masyarakat terhadap FK Unud terutama dari segi kualitas dan akreditasi sebagai program studi kedokteran di bawah naungan perguruan tinggi negeri Universitas Udayana. Namun belum banyak yang memahami bahwa kuliah di FK Unud bukan hanya kesempatan bagi para mahasiswa dari kalangan mampu namun juga dari kalangan tidak mampu. Apakah benar dari kalangan tidak mampu benar-benar bisa menempuh kuliah kedokteran? mungkin itu merupakan pertanyaan mendasar yang ada di benak setiap orang tua dan siswa yang merasa perekonomian keluarga yang di bawah cukup namun ingin sekali memiliki putra-putri yang dapat menempuh ilmu di FK. Namun hal tersebut bukan hanya impian atau imajinasi semata, karena pihak FK Unud selalu ingin memberikan kesempatan bagi tunas-tunas muda bangsa yang memiliki semangat dan prestasi tinggi dan  ingin menempuh pendidikan kedokteran namun terhalang oleh perekonomian keluarga. Permasalahan tersebut diharapkan mampu diatasi melalui program pemberian beasiswa yang tersedia di FK Unud.

Sebagai informasi, pada tahun 2012 ini FK Unud terutama Program Studi Pendidikan Dokter menerima mahasiswa melalui tiga proses seleksi diantaranya; seleksi jalur undangan, seleksi jalur tes tulis (SNMPTN), dan jalur PMDK. Khususnya bagi Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD), seluruh seleksi tersebut dilaksanakan oleh pusat (Universitas Udayana) di Bukit Jimbaran. Untuk informasi yang lebih jelasnya mengenai proses seleksi dipersilahkan untuk menghubungi Bagian Biro Administrasi Akademik (BAA) yang terletak di Kantor di Rektorat Jimbaran di nomor telpon (0361) 701954 atau membuka website Universitas Udayana www.unud.ac.id.

Dalam jalur PMDK yang akan dilaksanakan setelah diadakan tes tertulis SNMPTN, akan dibuka 3 jalur yakni; jalur umum, jalur khusus dari golongan mampu, dan jalur khusus dari golongan kurang mampu. Diharapkan dengan metode ini, mahasiswa dari jalur mampu dapat memberikan subsidi kepada temannya dari jalur kurang mampu sehingga  mahasiswa yang diterima dari jalur kurang mampu tidak dikenakan biaya sumbangan pembangunan. Ketiga jalur PMDK ini tetap akan diadakan tes tertulis bagi calon mahasiswa yang mendaftar. Selain itu, FK Unud juga ingin menyampaikan kepada masyarakat luas agar tidak percaya kepada calo-calo yang tidak bertanggung jawab. Mungkin pada saat ini masih ada beberapa oknum tertentu yang ingin mendapatkan keuntungan dari masyarakat yang percaya bahwa dengan membayar jumlah tertentu maka putra atau putrinya akan diterima di FK Unud, namun hal tersebut sama sekali tidak benar karena proses penerimaan mahasiswa di FK Unud murni menerima peserta dari kemampuan akdemis.

Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD selaku Dekan FK Unud dan Dr. dr. Dyah Pradyaparamita Duarsa,M.Si selaku Pembantu Dekan III bidang kemahasiswaan terus berusaha untuk mencarikan jalan keluar terbaik bagi para calon mahasiswa kurang mampu namun berprestasi yang ingin menempuh pendidikan di FK Unud. Hal ini tercermin dengan gencarnya melakukan audiensi dan penyampaian proposal penawaran beasiswa kepada Instansi Pemerintah (Pemprov Bali ) dan beberapa instansi terkait lainnya yang kiranya tertarik dan berminat untuk ikut serta dalam program pemberian beasiswa yang diprogramkan oleh FK Unud. FK Unud berharap ada putra-putri daerah yang memiliki prestasi tinggi namun dari keluarga yang benar-benar kurang mampu dapat menempuh pendidikan kedokteran di FK Unud dengan biaya yang diberikan dari program beasiswa sampai mereka tamat dan berhak menyandang gelar dokter.

Sampai saat ini, pengajuan beasiswa tersebut sudah disetujui oleh Pemerintah Provinsi Bali, hanya perlu menunggu proses administrasi dan pembuatan perjanjian kerjasama. Apabila perjanjian kerjasama ini rampung maka seluruh proses seleksi akan dapat dilaksanakan sesuai dengan teknis yang seharusnya. Proses seleksi ini akan memberikan kesempatan bagi putra-putri daerah dari seluruh kabupaten di Bali. Maka dari itu, pihak FK Unud berharap agar para siswa yang memiliki cita-cita menjadi seorang dokter hendaknya terus belajar demi meningkatkan prestasi yang sudah dimiliki, karena dengan prestasi dan semangat belajar tinggi maka cita-cita akan semakin mudah diraih.

 

Image Gallery

Dikelola Oleh

Team IT Fakultas Kedokteran
Copyright (c) 2010
Fakultas Kedokteran

Contact Us

Address:Jl. PB. Sudirman DENPASAR 80232 BALI
Telephone: +62 361 222510
FAX:+62 361 246656

E-mail: fk@unud.ac.id